Selasa, 05 Maret 2013

Musik itu bukan sekedar latah

                Salam Kecebong Anyut :D.. postingan kali ini cebong pengen ngebahas soal musik nih,terutama musik di Indonesia.Buat cebong sendiri musik di Indonesia itu kedengeran nya semakin monoton,setuju atau ga pendapat masing-masing ya sob hehehe.. Kenapa cebong bilang monoton?? yang cebong rasa semakin kesini musik atau lebih tepat nya industri musik di Indonesia itu kena penyakit "latah".Latah ?? Yap latah itu bisa diartikan penyakit yang berupa meniru perbuatan atau ucapan orang lain.
         So,apa hubungan nya latah dengan Industri musik di Indonesia?? setelah cebong amatin termyata industri musik di Indonesia terkena penyakit latah itu di sekitar tahun 2007 atau 2008 itu dimulai ketika negara api menyerang negara air hahahaha..dimulai ketika band yang beraliran melayu sedang booming sebut saja nama band itu ST12.Pada awal kehadirannya bisa dibilang mungkin Indonesia punya warna baru di industri musik,tapi seiring jalan nya waktu semakin lama semakin sering band-band melayu lainnya yang bermunculan ga jelas kayak kutu..cuman nongol sebentar dengan lagu-lagu yang aneh abis itu ngilang,bahkan sampai ada group band pop yang cukup terkenal kemudian dia membuat lagu dengan nada melayu..ga punya jati diri kah? mentingin komersial doang kah? segampang itu kah buat lagu? intinya itu adalah LATAH.Sekarang pernah liat ga band-band melayu ini masih suka nongol?kalo pun nongol paling cuman sekali-kali,kenapa bisa kayak gini?karna ini adalah efek dari LATAHisme (itu menurut cebong) hahaha..

"Kita memang benar benar melayu suka mendayu-dayu, lagu cinta melulu...,apa memang karna  kuping melayu,suka yang sendu-sendu~" Efek Rumah Kaca - Cinta Melulu

           Kemudian disekitar tahun 2011 sampa sekitar 2012 penyakit latah berikutnya adalah boy/girl band.Ini salah satu peristiwa yang hampir sama ketika band melayu menjamur pada tahun 2008-an.Saat 1 boy/girl band muncul maka yang lainnya ga mau kalah buat ngebentuk boy/girl band yang menurut cebong ga punya kualitas atau bisa cebong bilang ga punya jiwa musikalitas yang cukup,dan yang dipentingkan pihak produser atau label  adalah tampang.Mungkin ga semua nya gitu,tapi sejauh ini cebong perhatiin ya kayak gitu..#ups  ga tau ya kalo menurut teman-teman hehehe
Kadang cebong mikir kenapa mereka berani ngejual musik yang bisa dibilang standard-standard aja? kenapa ga coba buat lagu sebagus mungkin baru mereka jual ke pasaran?? buat cebong lagu itu 80% musik 20% lirik + buat nya pake hati ( pake bolpen,pensil atau laptop mah sarana nya hahaha).apa musik itu dianggep cuman sekedar duit doang? tanpa adanya kepuasan batin? biarkan saja mereka dan Tuhan yang tau hahaha..
So,kenapa sih orang Indonesia itu harus latah dengan sesuatu termasuk musik?? Musik di Indonesia itu kuat sob, kenapa ga di explore? banyak musisi-musisi yang berbakat dan ga kesorot gara-gara ketutup sama keLATAHAN dan idealisme-idealisme tertentu.Jaman 90an kita punya band-band hebat dengan musikalitas yang tinggi tanpa harus terkena penyakit latah,sebut saja Sheila on 7,Dewa,Kahitna,The groove,bunglon,dan masih banyak lainnya.Jaman sekarang pun banyak anak-anak muda di Indonesia yang berbakat dalam bidang musik contohnya Balawan,Barry Likumahua,Echa Soemantri, Gugun Blues Shelter dan masih banyak lagi.Mereka mempunyai dan membentuk warna pada industri musik kita tanpa harus latah dengan sesuatu,karena mereka mempunyai soul saat bermain musik.Saat mereka bermain musik tujuan utama mereka itu kepuasan batin bukan sekedar duit sob.
So,saat negara kita punya banyak talenta musik yang hebat-hebat kenapa kita harus latah dengan sesuatu? kenapa ga kita explore?kenapa ga kita expose? kenapa kita ga percaya dengan sesuatu yang kita punya? setiap orang punya idealisme masing-masing dan itulah idealisme cebong.

"Music and rhytm find their ways into the secret places of the soul" ~Plato Quotes

Setiap orang berhak menilai dari berbagai sudut pandang.. salam Kecebong Anyut :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar