Minggu, 03 Maret 2013

Introvert itu cool

Salam kecebong anyut.. setelah di postingan sebelum nya cebong ngebahas penyakit yang namanya kangen,sekarang cebong rada tertarik buat ngebahas soal introvert,kenapa introvert?? soalnya boss nya cebong dari kemaren-kemaren ngomongin introvert itu cool,introvert itu cool,introvert itu cool mulu ampe mulut berbusa,jadi cebong tertarik nih buat ngebahas introvert sama mitos-mitosnya


So,apa itu introvert? Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial yang terlalu acak. Antonim dari sifat Introvert adalah Ekstrovert. Sifat Ekstrovert lebih membutuhkan sosial, cahaya, kebisingan, ruang lingkup yang luas dan sebagainya. Sedangkan Introvert lebih membutuhkan sebuah teh hangat dan berkumpul bersama beberapa teman dekat saja daripada pergi ke tempat yang penuh dengan orang asing. Introvert membenci basa-basi, oleh sebab itu mereka senang dengan perbincangan yang padat dan bersifat informatif.
Dari pernyataan tadi bisa kita ambil kesimpulan kecil, kalo introvert itu pribadi yang “dalam”. Istilah Introvert ini dipopulerkan oleh seorang tokoh Ilmu Psikologi yang bernama Carl Jung. Ia mengelompokan Introvert sebagai kaum minoritas. Walau kaum minor tetapi peranan mereka dalam kehidupan sosial sangat menonjol. Mungkin karena gestur dan sikap mereka yang sangat kontras berbeda dengan kelompok dominan yaitu Ekstrovert.
ooooo ternyata introvert itu gituuu *angguk-angguk*..dikirain cebong introvert itu sejenis makanan atau minuman hahahaha...
Setelah cebong kesana kemari nyari data soal introvert,ternyata introvert juga punya beberapa mitos loh..nih mitosnya

Mitos 1 - Introvert tidak suka mengobrol
Mitos ini tidak benar. Yang benar adalah mereka hanya akan berbicara ketika ada sesuatu yang mereka ingin sampaikan atau bicarakan. Mereka juga tidak suka omong-omongan kecil. Coba temukan topik yang disukai oleh seorang introvert, dan dia akan terus mengoceh berhari-hari.
Mitos 2 - Orang Introvert Pemalu
Sifat pemalu tidak ada hubungannya dengan kepribadian Introvert. Sifat pemalu muncul karena perasaan takut tidak diterima oleh masyarakat. Seorang Introvert tidak mesti takut terhadap orang lain. Kalaupun ada kesan pemalu pada diri seorang introvert, hal itu karena mereka adalah orang-orang yang tidak butuh interaksi untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi. Jangan ragu untuk berbicara dengan soorang Introvert, mereka juga biasanya tidak ambil pusing dengan gaya pembawaan kalian, mau itu sopan ataupun tidak.
Mitos 3 - Orang Introvert sombong
Benarkah orang Introvert sombong? Seorang introvert sebenarnya tidak suka berbasa-basi. Mereka hanya ingin orang lain bersikap apa adanya dan jujur. Sayangnya, hal ini seringkali tidak dapat diterima dalam banyak kejadian, jadi mereka akan seringkali mengalami tekanan yang kuat dari hal ini, dan ini membuat mereka kelelahan.
Mitos 4 - Orang Introvert tidak suka orang lain
Justru sebaliknya, orang Introvert akan sangat menghargai teman-teman yang mereka miliki. Dan biasanya jumlah teman mereka hanya bisa dihitung dengan jari sebelah tangan. Jika kamu beruntung dapat memiliki seorang introvert yang menganggap kamu adalah temannya, maka kemungkinan besar kamu telah berhasil memiliki sahabat yang loyal untuk seumur hidup.
Mitos 5 - Introvert tidak suka pergi ke luar rumah
Mitos ini sama sekali tidak beralasan. Mereka hanya saja tidak suka pergi ke luar dalam waktu yang lama. Mereka juga tidak menyukai komplikasi yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Mereka mampu mempelajari apa yang mereka temukan dalam waktu sangat singkat, maka hasilnya mereka merasa tidak perlu berlama-lama ketika berada di tempat publik. Ketika mereka berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka akan kembali ke rumah, mengisi tenaga (recharge), dan memproses semuanya. Proses recharge adalah sesuatu yang amat penting di kehidupan seorang Introvert.
Mitos 6 - Introvert selalu ingin menyendiri
Seorang introvert adalah orang yang merasa nyaman dengan dunia di dalam pikiran mereka sendiri. Mereka sangat suka berpikir. Mereka bermimpi di siang bolong. Mereka suka menemukan berbagai masalah untuk mereka selesaikan. Tapi mereka juga dapat merasa sangat kesepian ketika hasil kerjanya tidak dapat dinikmati oleh orang lain. Mereka sebenarnya sangat membutuhkan hubungan tulus dengan satu orang pada satu waktu.
Mitos 7 - Orang Introvert itu aneh
Introvert adalah orang yang individualistis. Mereka tidak suka keramaian. Mereka suka jika orang lain menghargai cara hidupnya. Mereka suka berpikir untuk diri mereka sendiri dan karenanya mereka seringkali menabrak norma-norma yang sudah ada. Mereka tidak mengambil keputusan berdasarkan hal-hal yang populer dan trendi.
Mitos 8 - Introvert = Nerd
Orang introvert lebih memperhatikan kesejahteraan batin, memperhatikan secara seksama terhadap pikiran-pikiran mereka beserta emosinya. Bukan berarti mereka tidak memperhatikan kejadian-kejadian yang muncul di sekeliling mereka, mereka hanya merasa dunia batin mereka lebih menyenangkan untuk ditelusuri.
Mitos 9 - Introvert tidak tau cara bersenang-senang
Introvert merasa nyaman ketika berada di dalam rumah atau alam bebas. Mereka bukan pencari hal-hal yang dapat meningkatkan adrenalin. Jika di sekeliling mereka ada terlalu banyak parcakapan atau suara, mereka lebih memilih untuk menyingkir. Otak mereka terlalu sensitif terhadapneurotransmitter yaang disebut dengan nama Dopamine. jalur syaraf inilah yang membedakan seseorang untuk menjadi Introvert ataupun Ekstrovert.
Mitos 10 - Orang Introvert bisa "sembuh" dan menjadi seorang Ekstrovert
Kepribadian Introvert tidak dapat "diperbaiki" dan masyarakat seharusnya dapat menghargai posisi mereka sebagai manusia. Faktanya, dalam sebuah studi (Silverman, 1986) menunjukan bahwa tingkat kepribadian Introvert seseorang berkaitan dengan jumlah IQ. Semakin tinggi persentasi kepribadian introvertnya, semakin besar pula jumlah IQ mereka.
Semua mitos diatas diambil dari buku The Introvert Advantage: How to Thrive in an Extrovert Worldkarya Marti Laney.
setelah cebong baca dan pahamin ternyata seorang introvert itu memiliki cara nya sendiri untuk "hidup",terkadang pemikiran seorang introvert itu dianggap aneh sama kebanyakan orang tapi sebenarnya introvert itu memang keren :D So,apakah kalian termasuk seorang introvert??
So,cebong cuman bisa posting segitu aja sob dan udah ga penasaran lagi dan semoga bermanfaat. 
Salam kecebong anyut :D


4 komentar:

  1. Jadi lebih bagus jadi orang introvert apa extrovert?

    BalasHapus
  2. ternyata gw org introvert. dan kbnyakan gw di jauhi sama tmn2 gw :3
    tp gw nggak peduli yg pnting gw bisa ttep ada saat mreka butuh, berasa keberadaanku sangat di butuhkan oleh mreka. walaupun terlalu sering di jauhi :D
    Menyedihkan ya sifat introvert kyk gw

    BalasHapus
  3. saya masih introvert 😢

    dan bila saya tidak berprestasi ,maka saya akan hancur .

    BalasHapus